Menghitung Luas dan Keliling

Monday, March 20, 2017

Menghitung Luas dan Keliling


Berikut adalah program yang berfungsi untuk menghitung luas dan keliling dari bangun lingkaran dan bangun persegi/persegi panjang. Ada dua program yang saya buat, pertama untuk lingkaran (Circle), yang kedua untuk persegi panjang (Rectangle).

Didalam kedua program format input dan outputnya nyaris sama. Pada program lingkaran, yang perlu dimasukkan adalah panjang jari-jari lingkaran dan warna dari lingkaran, sedangkan pada program persegi panjang yang perlu dimasukkan adalah panjang, lebar, dan warna dari persegi panjang. Output dari kedua program adalah data dan warna dari lingkaran atau persegi panjang, dan luas dan keliling dari bangun tersebut.

Pada waktu memasukkan data, jika warna dari bentuk dimasukkan, data lain yang diisi haruslah lengkap. Namun, jika tidak ingin memasukkan warna, itu bisa dilakukan selama data yang lain diisi dengan lengkap. Program juga dapat berjalan jika program dijalankan tanpa melakukan input apapun.

Berikut adalah visualisasi class dari program Circle.


Class Circle menggunakan dua variabel, radius untuk jari-jari dan color untuk warna. Method getArea berfungsi untuk menghitung luas lingkaran. Method getCircumference berfungsi untuk menghitung keliling dari lingkaran. Method setColor dan setRadius masing-masing berfungsi untuk mengatur warna dan jari-jari dari lingkaran, kemudian method getColor dan getRadius digunakan untuk memberikan data warna dan jari-jari dari lingkaran. Method toString digunakan untuk memberi output mengenai data lingkaran, dengan menampilkan warna dan jari-jari dari lingkaran.

Berikut coding dari class Circle dan class Main untuk program Circle.

Class Circle:


Class Main:

Berikut adalah visualisasi class Rectangle milik program Rectangle.











Variabel yang digunakan dalam class ini adalah color, length, dan width. Method getArea dan getCircumference masing-masing digunakan untuk mencari luas dan keliling dari persegi panjang. Method getColor, getLength, dan getWidth digunakan untuk menampilkan data warna, panjang, dan lebar dari persegi panjang. Method yang terakhir, toString, berfungsi untuk menampilkan data dari persegi panjang, berisikan panjang, lebar, dan warna dari persegi panjang tersebut.

Berikut adalah kode dari kedua class dalam program Rectangle, class Rectangle dan class Main.

Class Rectangle:


Class Main:

0 comments :

Post a Comment