Tugas 3 PBKK - Menggunakan Bootstrap Pada CodeIgniter

Wednesday, February 26, 2020

Tugas 3 PBKK - Menggunakan Bootstrap Pada CodeIgniter


Untuk tugas kali ini, akan ditunjukkan cara untuk mengaplikasikan Bootstrap pada CodeIgninter.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama-tama, konfigurasi Base URL pada CodeIgniter. Karena masih menggunakan localhost, maka konfigurasi Base URL dengan alamat web pada localhost. Untuk melakukan konfigurasi, isi bagian $config['base_url'] pada file config/config.php menjadi seperti ini:

Berikutnya konfigurasi helper pada file autoload.php. Helper yang dibutuhkan untuk saat ini adalah helper url. Helper url berisi fungsi-fungsi untuk mengakses URL seperti base_url(), site_url(), $this->uri, dll. Fungsi-fungsi ini akan sering digunakan pada aplikasi template bootstrap yang akan digunakan nanti, bahkan juga berguna untuk mengupload gambar pada website.

Untuk mengaktifkan helper url, cari string $autoload['helper'] pada file config/autoload.php. Kemudian tambahkan url, seperti contoh dibawah ini:

Setelah menambahkan helper, buat konstanta SITE_NAME untuk menyimpan nama web. Konstanta ini akan digunakan untuk mengambil judul pada web nanti. Untuk menambahkan konstanta nama web, buka file config/constants.php, dan tambahkan kode berikut:

Langkah selanjutnya adalah menambahkan template Bootstrap yang diinginkan pada folder proyek web yang sedang dikerjakan. Pada proyek ini, template yang akan digunakan adalah SB Admin. Template ini bisa didapatkan disini.

Setelah mendownload file template yang diinginkan, file template harus diekstrak dalam folder yang sesuai dengan direktori yang ada dalam CodeIgniter. File yang harus diekstrak adalah file yang berada dalam folder css, js, dan vendor atau assets. Jika nama foldernya vendor, lebih baik untuk mengganti namanya menjadi assets agar tidak bercampur dengan folder vendor dari composer.

Setelah ekstrak file ke direktori selesai, pengaturan untuk menampilkan template pada web sudah bisa dilakukan. Untuk melakukannya, buat sebuah folder baru dalam folder views dengan nama admin. Lalu didalamnya dibuat file overview.php. File ini akan menjadi halaman utama dari template. Isi dari file ini adalah isi dari file index.html dari template.



Setelah overview selesai, konfigurasi file controller untuk membuat CodeIgniter dapat menampilkan file itu. Buat file controller baru dengan nama Overview.php dalam folder controllers/admin. Kemudian isi filenya seperti demikian:

Setelah itu, buat route baru untuk controller ini. Caranya adalah tambahkan kode berikut pada filee config/routes.php:

Setelah halaman dapat ditampilkan, template mungkin tidak tampil dengan sempurna. Ini bisa disebabkan oleh alamat untuk mengakses file CSS dan JS belum diberikan dengan benar. Terutama jika pada ekstraksi file awal, terjadi perubahan nama folder dari vendor ke assets.

Untuk memperbaikinya, buka lagi file views/overview.php. Kemudian cari link CSS dan JS yang ada.
Agar CodeIgniter dapat mengakses file CSS dan JSnya, gunakan fungsi base_url() agar konsisten. Contohnya bisa diambil dari gambar berikut:

Untuk mengakses halaman web, dapat diakses melalui alamat http://localhost/[nama_web]/index.php/admin/. Contoh tampilan yang didapatkan adalah seperti berikut:

0 comments :

Post a Comment